Ekspedisi Studi Konservasi Lingkungan ‘Surili’ Himakova IPB Pecahkan Rekor Muri

Posted on Posted in Himakova, IPB, Prestasi Himakova

MURI

[INFO HIMAKOVA]

Selasa (22/12/2015), perwakilan mahasiswa Himpunan Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata(HIMAKOVA) yakni Bangkit Maulana dan Rizka Sya’bana Azmi diundang oleh pihak Musium Rekor Indonesia (MURI) untuk menerim
a penghargaan Institut Prestasi Nusantara atas rekor Studi Konservasi Lingkungan oleh Mahasiswa Secara Berkelanjutan Terlama.

Studi Konservasi Lingkungan (SURILI) merupakan salah satu program kerja unggulan Himakova IPBberupa ekspedisi bertema lingkungan yang berfokus pada eksplorasi keanekaragaman hayati dan sosial budaya masyarakat. Kegiatan ini merupakan kegiatan ekspedisi terbesar di Indonesia yang dilakukan oleh mahasiswa dengan peserta mencapai 80 orang. Surili rutin dilakukan setiap tahunnya sejak tahun 2003 di seluruh kawasan konservasi di Indonesia, yang mana pengambilan data dilakukan selama 3-4 minggu di lapang. Melalui kegiatan ini, tim Surili Himakova konsisten menyapa Indonesia lebih dekat, merekam setiap jengkal keindahan alam dan kekayaan budaya tanah air. Tercatat sebanyak 13 taman nasional di Indonesia telah dilakukan kajian flora, fauna, ekowisata, serta sosial budaya dan berhasil didokumentasikan dengan apik melalui tulisan, laporan ilmiah, laporan semi popular, film dan seminar nasional.  Kegiatan ini diselenggarakan melalui kerjasama dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Balai Konservasi Sumberdaya Alam, Balai Taman Nasional, lembaga kemahasiswaan IPB, Perguruan tinggi non-IPB, serta berbagai lembaga swadaya masyarakat, media partner dan perusahaan.

MURI2

Pengajuan rekor ini awalnya ialah inisiasi daripanitia Family Day 30th Himakova sebagai refleksi 30 tahun perjalanan Himakova berkarya dan berbakti untuk negeri, salah satunya melalui kegiatan ekspedisi Surili. “Penghargaan ini bukan sekedar penghargaan untuk eksistensi organisasi, namun juga sebagai pembuktian diri dan wujud kerja keras seluruh anggota Himakova selama ini” ujar Bang Yasser selaku mantan Ketua Himakova. Penghargaan Muri secara simbolis diserahkan oleh perwakilan Ketua Surili kepada perwakilan Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata yakni, Bapak Ir. Haryanto MS pada saat kegiatan Family Day  30th Himakova (26/12/2015) di Villa Cibogo, Puncak, Bogor. “Semoga ini menjadi cambuk Himakova untuk terus berfikir akan berbuat apa setelah ini” demikian komentar sekaligus tantangan beliau kepada Himakova. (syabana rizka)

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *