Ekspedisi Rafflesia HIMAKOVA 2017

Posted on Posted in IPB

PESERTA RAFFLESIA 2017 BERANGKAT KE LEUWENG SANCANG

Foto bersama pesertaBogor, Januari 2017, pelepasan peserta Ekspedisi Flora Fauna Indonesia “

Hari Senin (16/1), bertempat di Balairung Rimbawan, Fakultas Kehutanan, IPB, diadakan Upacara Pelepasan Peserta Rafflesia 2017. Peserta Rafflesia 2017 diberangkatkan secara simbolis oleh Ketua Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (DKSHE), Dr. Ir. Nyoto Santoso didammpingi oleh Pembina Himakova, Dr. Ir. Abdul Haris Mustari.

Nama Rafflesia merupakan singkatan dari Eksplorasi Fauna, Flora, dan Ekowisata Indonesia. Program ini adalah salah satu program unggulan Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata. Eksplorasi (Himakova) yang secara konsisten dilaksanakan hampir di setiap tahunnya.

“Pada tahun 2017 ini merupakan yang kesepuluh kalinya. Tahun ini, kami mengangkat tema Eksplorasi Keanekaragaman Hayati Fauna dan Flora serta Kajian Ekonomi dan Sosial Budaya Masyarakat sekitar Cagar Alam Leuweng Sancang Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini kami harapkan dapat dijadikan ajang implementasi teori yang kami dapatkan selama di kuliah,” jelas Ketua Pelaksana, Febry Riyad H.

Selama sepuluh hari, mahasiswa DKSHE akan mengeksplorasi keanekaragaman flora dan fauna di Cagar Alam Leuweng Sancang, Kabupaten Garut, serta kajian ekonomi dan sosial budaya masyarakat yang berada di sekitarnya.

Dalam sambutannya, Ketua DKSHE memberikan beberapa pesan terutama mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan keselamatan di lapangan, “Kami berangkatkan 73 mahasiswa dengan didampingi satu dosen di lapang, harapannya kembali kesini juga sebanyak 73 dalam keadaan selamat.”.

Kegiatan Rafflesia telah berjalan dengan lancar dan baik. Hari Jumat (27/1), peserta telah kembali dengan selamat ke Kampus IPB Dramaga Bogor. Peserta membawa pulang data terkait keanekaragaman fauna dan flora Sancang juga mengenai kajian sosial ekonomi di masyarakat Desa Sancang dan Desa Sagara, dua desa yang berbatasan langsung dengan Kawasan Cagar Alam Leweung Sancang. Harapan kami dengan data tersebut dapat diolah sehingga menghasilkan informasi yang baik dan akurat untuk disajikan dan menjadi bahan pertimbangan terkait pengelolaan Cagar Alam Leweung Sancang kedepannya. Semoga kegiatan Rafflesia ini dapat bermanfaat bagi semua.

Salam.

 

 

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *