Dukung Green Campus, Sivitas IPB Bersihkan Situ Perikanan

Posted on Posted in IPB
BRTIPBHimpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (Himakova) Fakultas Kehutanan (Fahutan) Institut Pertanian Bogor (IPB) menggagas sebuah kegiatan berupa aksi bersih lingkungan bertajuk “Aksi Bersih Situ Perikanan IPB Bebas Kiambang”, Sabtu (9/4). Aksi yang diikuti oleh sekira seratus orang ini bertujuan untuk menggugah kepedulian sivitas IPB terhadap lingkungan.
 

Kegiatan ini bekerja sama dengan Biro Umum IPB, Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) IPB, Lawalata IPB, Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (Himasper), Fisheries Diving Club (FDC-IPB), Himpunan Mahasiswa Resource and Environmental Economics Student Association (Himpro Reesa) Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB, Wahana Pecinta Alam (Wapala) IPB, mahasiswa IPB, dan masyarakat yang peduli terhadap lingkungan.
 
Menteri Pertanian dan Lingkungan Hidup BEM KM IPB, Robbi Aulia Helmi menyerukan agar kita semua peduli terhadap kebersihan lingkungan. “Mahasiswa itu selalu identik dengan kaum intelek. Jangan mengaku mahasiswa kalau sama lingkungan saja tidak melek,” tandasnya.
 
Sementara, Ketua Himakova, Satrio Suryadi Nugroho mengatakan, kegiatan bersih-bersih Situ Perikanan ini bertujuan untuk mendukung pencanangan dan launching Green Movement pada tanggal 22 April mendatang. Dikatakan, kiambang adalah sejenis paku air (Salvinia molesta), tumbuhan ini biasa ditemuakan mengapung di air menggenang, seperti kolam, danau, atau di sungai yang mengalir tenang. “Ia mempunyai akar rambut yang menjuntai ke dalam air yang berfungsi sebagai penyerap nutrien. Kiambang ini sangat cepat sekali berkembang biaknya, sehingga perlu dilakukan pembersihan secara berkala atau terus menerus,” ujar Mahasiswa Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (KSHE) Fahutan IPB ini.
 
Ia menambahkan, kondisi kiambang di Situ Perikanan saat ini telah menyebar luas ke seluruh danau dan membentuk tikar vegetasi lebat yang mengurangi aliran air dan menurunkan tingkat cahaya serta oksigen di dalam air. Data dan fakta tersebut harapannya dapat menjadi pelecut semangat untuk kita semua, khususnya sivitas IPB, untuk lebih peka akan kondisi sekitar dan sadar betapa pentingnya menjaga lingkungan terutama untuk menjaga kelestarian di kampus biodiversitas ini.(Awl)
 
 
Kontak: Ketua Himakova Fahutan IPB, No HP. 085280755874
subject : Fahutan IPB , Robbi Aulia Helmi , Biro Umum IPB , Situ Perikanan IPB , Satrio Suryadi Nugroho , BEM KM IPB , Himakova IPB
Sumber: http://news.ipb.ac.id/news/id/08b93186dbd0bb81254c95d9afbae641/dukung-green-campus-sivitas-ipb-bersihkan-situ-perikanan.html?utm_source=AyoBogor&utm_medium=twitter
FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *