DESA WISATA RANTIH KOTA SAWAHLUNTO

Posted on Posted in Ekowisata

4 sawahluntoDesa Wisata Rantih terletak pada ketinggian daerah perbukitan yang dilewati Batang Ombilin di Kecamatan Talawi dan berjarak kurang lebih 13 km dari pusat Kota Sawahlunto. Secara administrative, luas wilayah Desa Rantih adalah 181,5 ha dan 30% diantaranya adalah areal persawahan.  Perbukitan dan Sungai Ombilin yang melintasi desa ini menjadikannya sebagai desa wisata yang layak dikunjungi di Sumatera Barat. Kita bisa melakukan arung jeram, trekking dan camping di sekitar 4 air terjun di Desa Wisata Rantih.

Air terjun yang ditawarkan sebagai objek wisata unggulan Desa Rantih adalah air terjun Sungai Bikan, air terjun Lurah Lobah, air terjun Lurah Tibarau dan air terjun Landu yang posisinya saling berdekatan satu sama lain. Ketika ingin mencapai air terjun, wisatawan harus menempuh 90 menit berjalan kaki di pematang sawah sejauh kurang lebih 3 kilometer. Kendaraan bermotor dan mobil hanya bisa sampai di sebuah jembatan baru di Desa Rantih, dan sisanya harus diteruskan dengan berjalan kaki karena jembatan lama hanya bisa dilalui oleh motor saja.

Wisatawan bisa menyaksikan para petani mengolah lahan mereka, menarik bajak dengan menggunakan kerbau, ataupun menabur benih dan menanam bibit padi di sawah. Setelah melalui pematang sawah, wisatawan akan disuguhi pemandangan perbukitan dan dilanjutkan dengan keindahan air terjun. Sayangnya, debit air terjun tersebut tidaklah begitu besar, sehingga air yang tertampung di dasar air terjun tidaklah begitu dalam hanya cukup untuk membasahi tubuh dan menikmati percikan air terjun yang mengucur dari atas bukit yang tinggi. Bagi yang menyukai tantangan, berarung jeram di sungai Ombilin adalah pengalaman yang tak akan terlupakan.

Pemerintah daerah Kota Sawahlunto saat ini telah melakukan pembangunan terpadu dengan memperbaiki sarana transportasi, perbaikan dan pembangunan pondok-pondok peristirahatan di sawah, pancuran dan penyediaan pelampung serta perahu karet untuk arung jeram, home stay dan perbaikan penunjuk jalan. Makanan khas di desa wisata Rantih yaitu, gulai ayam talan jo, kare-kare, ikan bakar, sambal lado, dan anyang daun sipotang.

Sumber :

http://www.jalanjalanyuk.com/desa-wisata-rantih-menawarkan-keindahan-4-air-terjun/

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *