Delias maaikeae: KELUARGA BARU DARI TANAH PAPUA

Posted on Posted in Biodiversitas, Kupu-Kupu

KPK DELIAS

sumber foto: Papua Insects Foundation

Ditemukan di Pegunungan Cyclops, Provinsi Papua, Delias maaikeae menjadi spesies kupu-kupu terbaru yang ditemukan di Indonesia. Delias maaikeae merupakan spesies dari genus Delias Hübner, 1819 dan ternasuk famili Pieridae. Spesies ini memiliki panjang sayap 29 mm dengan warna dominan hitam dan abu-abu pudar di bagian sayap atas. Bagian sayap bawah dominan berwarna abu-abu gelap, memiliki empat sub apikal spot putih dan spot basal merah berbentuk oval. Spesies yang hanya ditemukan di Pegunungan Cylops ini (endemik) dinamai berdasarkan nama istri (Maaike de Vries-Siebring) dari penemu ketiga spesies ini (Peter Jan André de Vries) atas kesetiannya dalam membantu mewujudkan mimpi suaminya. Delias maaikeae memiliki kemiripan dengan beberapa spesies kupu-kupu genus Delias yang persebarannya terisolasi di daerah-daerah tertentu Papua Nugini, spesies tersebut yakni Delias nais memiliki kesamaan tinggi tempat ditemukan, Delias bornemanni memilki kesamaan pola bagian bawah sayap dan Delias pratti memiliki kesamaan pola bagian atas sayap.

Indonesia merupakan rumah bagi berbagai jenis kupu-kupu. Hingga saat ini, 5 dari 10 famili kupu-kupu yang diketahui berada di Indonesia. Ditemukannya spesies Delias maaikeae ini menjadi pertanda bahwa masih banyak potensi keanekaragaman hayati kupu-kupu di Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia, tentunya kita harus bangga dengan julukan negara mega biodiversitas. Maka dari itu, menjaga dan melestarikan lingkungan adalah kewajiban kita agar tercipta lingkungan yang saling mendukung antar makhluk hidup.

Oleh: Faisal M. Iqbal (Kelompok Pemerhti Kupu-kupu (KPK) “Sarpedon”)

Pustaka:

Davenport C, Pequin O, de Vries PJA. 2017. Delias maaikeae, a new species from the Cyclops Mountains, Papua, Indonesia (Lepidoptera: Pieridae). Suara Serangga   Papua. 10(2): 84-88.

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *