Burung Walet atau Burung Layang Layang ?

Posted on Posted in Burung, Himakova, IPB, KPB (Kelompok Pemerhati Burung) "Prenjak"

Oleh : KPB Himakova

Burung merupakan satwa yang mudah ditemui dan berada di sekitar kita, hampir di semua tempat kita dapat berjumpa dengan burung. Satwa yang memilki kemampuan untuk terbang ini memilki bentuk, warna, dam suara yang unik. Burung yang paling mudah dikenali oleh orang-orang awam adalah burung walet. Burung ini memilki bentuk yang khas dan sering terbang berputar-putar. Burung ini juga sering dibudidayakan karena sarangnya memilki nilai jual yang cukup tinggi. Namun, yakinkah apakah yang kita lihat itu benar benar walet ?

Gambar 1

waleta. Walet linchi ( Collocalia linchi)

layang2

b. Layang Layang Batu ( Hirundo tahitica)

Burung walet merupakan burung Apodidae ( A = tidak, Podos = kaki) atau memilki kaki semu, burung ini termasuk kedalam burung non-passeriformies atau burung yang tidak berkicau. Jenis burung ini seringkali tertukar dengan kembarannya yaitu burung layang layang, apalagi saat kedua burung ini terbang. Namun, jika diperhatikan baik-baik burung Walet dan Burung layang-layang sebenarnya memilki perbedaan yang cukup mencolok baik dari bentuk tubuh, cara terbang maupun prilaku.

Burung Walet yang termasuk kedalam burung apodidae membuatnya memilki kaki yang sangat kecil, kaki yang dimilki oleh burung ini tidak memungkinkan bagi burung ini untuk bertengger selain di sarangnya. Oleh karena itu kita akan sangat jarang sekali menemukan burung walet bertengger di dahan, jika kita menemukan burung yang mirip dengan walet dan bertengger di dahan pohon, maka bisa dipastikan itu bukan burung walet melainkan burung layang-layang. Inilah perbedaan pertama antara burung walet dengan burung layang-layang.

Perbedaan kedua antara burung walet dengan burung layang-layang adalah dari cara tebangnya. Walet termasuk kedalam burung yang memilki cara terbang ‘Flaping’ sehingga seringkali kita melihat cara terbang burung ini tidak beraturan. Sebaliknya burung layang-layang , sama seperti namanya cara terbang burung ini seperti layang-layang yang dapat terbang dengan tenang tanpa mnegepakan sayapnya. Cara terbang burung layang-layang ini disebut ‘Gliding’. Selain itu saat terbang ekor burung layang-layang dewasa akan terlihat membelah membentuk huruf V.

layang2 dewasa

Gambar 2  Bentuk huruf V pada ekor burung layang-layang dewasa

Perbedaan selanjutnya adalah dari segi morfologi terutama warna bulu pada burung. Pada burung walet warna dominan yaitu hitam dan putih terkadang abu-abu, sedangkan untuk burung layang-layang warna bulu cenderung biru kegelapan dan memilki lurik (layang-layang lurik) atau memilki warna merah pada bagian dagu (layang-layang batu). Bentuk dan warna burung layang-layang lebih mudah diamati karena burung ini suka bertengger di dahan ataupun di kabel-kabel listrik.

Gambar 3

layang tengger

a. Burung Layang-layang batu

walet sarang

b. Burung Walet

Apabila diamati secara teliti semua burung tentunya memilki ciri khas masing-masing yang membedakan antara satu jenis dengan jenis lainya. Burung walet dan burung layang-layang yang selama ini sering disamakan ternyata memilki perbedaan yang cukup signifikan. Oleh karena itu diperlukan ketertarikan dan keinginan untuk dapat mempelajari keunikan yang ada. Burung yang kita pelajari ini masih burung yang memiliki hubungan kekerabatan yang jauh. Sehingga wajar jika memilki banyak perbedaan. lalu bagaimana dengan burung yang memilki hubungan kekerabatan yang dekat bahkan termasuk kedalam famili yang sama ? mari lebih peka terhadap lingkungan yang ada di sekitar kita.

Sumber gambar : http://orientalbirdimages.org/

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

3 thoughts on “Burung Walet atau Burung Layang Layang ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *