Bajing atau Tupai?

Posted on Posted in IPB

Oleh : KPM Himakova

Banyak orang yang beranggapan bahwa bajing dan tupai adalah hewan yang sama, padahal tidak. Tupai sepintas memang mirip dengan bajing, tetapi sebenarnya kedua jenis hewan ini berbeda dalam hal morfologi dan klasifikasinya. Bajing merupakan mamalia pengerat (ordo Rodentia) dengan famili Sciuridae sedangkan tupai berasal dari ordo Scandentia dengan famili Tupaiidae. Dalam bahasa inggris, bajing disebut squirrel sedangkan tupai adalah treeshrew.

Gambar 1 Tupai
Gambar 1 Tupai

Tupai kekes mempunyai moncong lebih panjang dengan panjang kepala dan badan antara 160-200 mm, panjang ekor berkisar 170-180 mm, berwarna merah muda, bagian atas coklat zaitun dan bagian bawah kelabu kekuning-kuningan atau kekuningan, gigi total 38, gigi serinya berbentuk runcing tidak seperti bajing dan mempunyai lima jari bercakar pada masing- masing kakinya.

Gambar 2 Bajing
Gambar 2 Bajing

Bajing kelapa memiliki panjang badan 160-218 mm dan panjang ekornya mencapai 120-210 mm. Berat badannya dapat mencapai 292 gram. Tubuh bagian atas berwarna kelabu gelap dengan ujung bulu berwarna terang. Umumnya terdapat bintik-bintik halus kecoklatan. Bagian bawah tubuhnya dari gelap sampai terang, tetapi selalu kemerahan atau jingga. Bagian sisi pada rusuk berwarna coklat kemerahan pucat dan hitam. Bajing kelapa aktif pada siang hari, sebagian besar aktif pada pagi hari dan menjelang senja. Bergerak dan makan di pepohonan kecil.. Bajing dapat hidup dan berkembang biak di hutan monokultur, dapat ditemukan hingga ketinggian 1600 mdpl. Sarang berbentuk bulat dan terletak di ujung batang yang tinggi. Berbiak sepanjang tahun dengan jumlah anak 1-4 tiap kelahiran. Bajing ini umumnya soliter namun terkadang ditemukan berada dalam kelompok kecil.

Bajing dan tupai mudah dibedakan dengan melihat moncongnya. Tupai memiliki moncong yang panjang sedangkan bajing cenderung agak rata. Selain itu, ekor bajing sekilas bertekstur seperti sikat. Perbedaan lainnya yaitu dari ukuran badan dimana tupai lebih kecil dibandingkan dengan bajing. Dalam hal makanan, bajing menyukai buah-buahan sedangkan tupai cenderung menyukai serangga sebagai makanannya.

Foto: Zulkarnain

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *