Ada Kakatua Raja (Probosciger aterrimus)di Kampus IPB Dramaga?

Posted on Posted in IPB

Oleh: KPB Himakova

kktwAkhir-akhir ini ada yang tidak biasa di kampus IPB Dramaga, sering terdengar suara siulan keras dan terlihat sesosok mahklul hitam yang lumayan besar terbang dari pohon ke pohon. Yup… mahkluk itu bukanlah makhluk jadia-jadian ataupun makhluk mitos, makhluk hitam ini tidak lain adalah satwa feral yang baru datang ke kampus IPB Dramaga yaitu Kakatua Raja (Probosciger atterimus). 

Satwa lepasan adalah satwa yang pernah didomestikasi/dipelihara oleh manusia, kemudian lepas ke alam . Meskipun telah kembali ke alam lair namun prilaku burung yang memiliki bulu berwarna hitam ini masih belum sepenuhnya menjadi liar, hal ini dapat terlihat dari rendahnya tingkat kewaspadaan burung ini terhadap kehadiran manusia.

Kakatua raja merupakan burung kakatua terbesar di dunia. Burung ini memiliki ukuran tubuh sekitar 55 sampai 60 cm dan mempunyai berat 900-1200 gram. Burung dengan suara yang sangat keras dan nyaring ini mampu hidup selama 60 tahun. Daerah penyebarannya berada di Papua Nugini, Papua, dan kawasan queensland australia.

Dengan adanya burung Kakatua Raja di kampus IPB dramaga, diharapkan keberlangsungan hidup satwa ini tidak diganggu. Sebagai satwa lepasan kelangsungan hidup kakatua raja di kampus IPB dramaga ini sangat terancam, selain dikarenakan ancaman perburuan mengigat harga burung ini cukup mahal, tidak adanya pasangan menyebabkan burung ini tidak akan dapat berkembang biak. Sebagai satwa yang pernah dipelihara oleh manusia, kemampuan menghindari bahaya masih belum terlalu baik. Burung ini sering terlihat terbang rendah dari pohon-pohon dan bertengger di tempat terbuka tanpa takut akan kehadiran manusia. Burung ini juga pernah terlihat sedang berkumpul bersama jenis burung paruh bengkok lainya yang ada di IPB yaitu burung betet biasa (Psittacula alexandri).

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

One thought on “Ada Kakatua Raja (Probosciger aterrimus)di Kampus IPB Dramaga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *